Modul 11
Kegiatan belajar 1
Hakikat Disiplin Kelas
Tes formatif 1
- Dalam kata disiplin tercemin 2 hal penting, yaitu….
- Keinginan dan aturan
- Aturan dan hukuman
- Aturan dan hukuman
- Kepatuhan dan hukuman
Jawaban : C
- mana di antara pernyataan berikut yang mencerminkan pengertian disiplin?
- Pada setiap hari raya, Siti selalu membeli baju baru.
- Kalau ingin menyeberang, Tina selalu pergi ke tempat yang disediakan untuk menyeberang.
- Pada setiap musim hujan, petani turun ke sawah.
- Tini dimarahi karena menghilangkan buku tulisnya.
Jawaban : B
- Definisi pengertian disiplin, kecuali…
- Tingkat ketaatan seseorang pada aturan
- Usaha untuk memelihara keteraturan
- Tingkat keteraturan yang terdapat pada satu kelompok
- Usaha untuk mengamankan sesuatu
Jawaban : D
- Disiplin kelas dapat diartikan sebagai….
- Disiplin yang ditunjukkan oleh siswa
- Tingkat ketaatan siswa pada aturan kelas
- Usaha guru untuk menciptakan kondisi belajar yang kondusif
- Ketertiban yang diharapkan guru dari siswanya
Jawaban : B
- Disiplin kelas perlu diajarkan karena berbagai alasan, salah satunya adalah….
- Pada akhirnya siswa diharapkan mampu mendisiplinkan diri sendiri
- Siswa yang jumlahnya banyak sering membuat keributan
- Siswa yang kurang disiplin sering mengganggu temannya.
- Tingkat disiplin dalam masyarakat masih rendah
Jawaban : A
- Disiplin diri adalah….
- Kemampuan untuk mengendalikan diri sendiri tanpa bantuan orang lain
- Rasa percaya diri yang tinggi
- Kemampuan untuk meyakinkan orang lain tentang suatu hal
- Ketertiban untuk diri sendiri
Jawaban : A
- Berikut yang mencerminkan disiplin diri adalah….
- Pada setiap kesempatan, Tita selalu berusaha mencari sesuatu yang baru
- Ketika gagal dalam ujian, Tari memaki-maki dirinya
- Meskipun masih capai, Ari mengerjakan tugas yang dipercayakan kepadanya.
- Setelah menyelesaikan pekerjaannya Siti pergi ke bioskop.
Jawaban : C
- Faktor fisik yang mempengaruhi tingkat disiplin kelas, kecuali….
- Jumlah siswa dalam satu kelas
- Penataan perabotan/alat-alat dalam kelas
- Cara penggunaan alat
- Perasaan dan kebutuhan siswa
Jawaban : D
- Faktor sosial yang mempengaruhi disiplin kelas, antara lain….
- Kaya-miskinnya siswa
- Jumlah siswa dalam kelas
- Hubungan guru-siswa-siswa
- Rasa puas siswa terhadap dirinya
Jawaban : C
- Faktor psikologis yang mempengaruhi disiplin kelas, kecuali….
- Rasa tertekan
- Kepuasan terhadap pekerjaan
- Rasa lesu karena sakit
- Kecemburuan karena diperlakukan tidak adil
Jawaban : C
Kegiatan belajar 2
Strategi Penanaman dan Penanganan Disiplin Kelas
Tes formatif 2
1) Pada umumnya disekolah-sekolah sudah terdapat aturan atau tata tertib yang harus ditaati oleh siswa. Keadaan ini mencerminkan pandangan….
A. Behaviorisme
B. Humanistik
C. Yang berfokus pad siswa
D. Yang berfokus pada guru
Jawaban : D
2) Salah satu pandangan terhadap disiplin kelas menyatakan bahwa pendekatan yang berhasil dalam menanamkan disiplin adalah yang menghormati hak individu, serta meningkatkan harkat dan konsep diri. Dari contoh-contoh berikut, yang sesuai dengan pandangan ini adalah….
A. Ibu Titi meminta pendapat siswa ketika mengubah susunan tempat duduk.
B. Pak Toni menghukum Siti yang selalu rebut
C. Ibu Ria mengirim laporan kepada orang tua Tina
D. Pak Sidin menyuruh Tika menghentikan pekerjaannya
Jawaban : A
3) Ketika memasuki halaman sekolah, Ibu Tini selalu mengucapkan “selamat pagi” kepada anak-anak yang dijumpainya. Perbuatan Ibu Tini ini merupakan contoh penanaman disiplin dengan cara….
A. Bersikap luwes
B. Menjadi model
C. Meningkatkan partisipasi siswa
D. Menyesuaikan aturan
Jawaban : B
4) Salah satu contoh menyesuaikan aturan kelas dalam perkembangan anak adalah….
A. Ibu Sita selalu dating lebih awal dari anak-anak
B. Sebelum pelajaran dimulai, seorang anak membacakan tata tertib kelas
C. Anak kelas 1 dituntut guru untuk berbaris dan masuk kelas
D. Peraturan kelas digantungkan di dinding
Jawaban : C
5) Pertemun kelas merupakan tempat yang baik untuk melatih siswa melakukan, kecuali….
A. Berbagi pengalaman
B. Membuat rencana
C. Berkonsultasi pribadi
D. Mengambil keputusan
Jawaban : C
6) Contoh-contoh gangguan ringan yang muncul dalam kelas, kecuali….
A. Tini tertidur ketika guru menerangkan.
B. Siti berteriak memaki teman duduknya.
C. Diam-diam Rini memperhatikan foto adiknya ketika guru sedang menulis.
D. Udin minta izin ke luar kelas ketika Ibu Tita sedang menjelaskan.
Jawaban : B
7) Cara-cara untuk menangani gangguan ringan, kecuali….
A. Menghukum
B. Mendekati
C. Menatap
D. Mengabaikan
Jawaban : A
8) Jika guru terpaksa memberi hukuman, yang harus diperhatikan guru, kecuali….
A. Hukuman harus diberikan secara adil
B. Mulailah dengan hukuman yang ringan
C. Pertimbangkan dampak hukuman yang diberikan
D. Berikan hukuman secara terjadwal
Jawaban : D
9) Pemberian hukuman banyak ditentang oleh para pendidik karena berbagai alasan, kecuali…
A. Hukuman dapat merusak hubungan guru-siswa
B. Tanpa menghukum disiplin tidak dapat ditanamkan
C. Hukuman tidak selalu menyelesaikan masalah
D. Menghambat perkembangan etika anak
Jawaban : B
10) Jika ada siswa yang menyerang Anda dengan kata-kata kasar, apa yang Anda lakukan?
A. Membalas kata-kata kasar tersebut.
B. Mendekati siswa dan menamparnya.
C. Meninggalkan kelas dan melapor kepada kepala sekolah.
D. Menenangkan diri sejenak, kemudian mendekati siswa.
Jawaban : D