Jumat, 07 Juni 2013

soal Pengantar Pendidikan MKDK4001 part 2

26. Pada masa ini pendidikan dianggap sebagai hak semua orang, oleh sebab itu pendidikan bersifat demokratis, dan tidak otokratis. Pendidikan pada masa ini tidak mengenal kurikulum, kalaupun ada kurikulumnya tidak tertulis. Situasi pendidikan seperti ini terdapat pada zaman kerajaan ....
A.      Hindu - Budha
B.      Islam
C.      Pengaruh Portugis dan Spanyol
D.      Kolonial Belanda
b. sebab pendidikan pada masa Islam tidak membeda-bedakan peserta didiknya
27. Selain jiwa UUD 1945 yang dijadikan landasan konstitusi pendidikan pada periode awal kemerdekaan (1945 - 1950), terdapat Undang-Undang lain yang digunakan, yaitu ....
A.      UUD RIS Tahun 1950
B.      UU Nomor 7 Tahun 1950
C.      UU RI Nomor 12 Tahun 1954
D.      UU RI Nomor 4 Tahun 1950 de fakto
d.    sebab UU ini digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pendidikan di Indonesia
28. Salah satu kendala yang dihadapi dalam rangka meningkatkan kinerja dan mutu pendidikan nasional adalah ....
A.      masih rendahnya relevansi pendidikan
B.      terbatasnya jumlah guru yang bermutu
C.      masih tingginya angka putus sekolah yang merupakan bagian dari tantangan
D.      kurangnya peranan dunia usaha dalam pendidikan nasional
b.    sebab terbatasnya jumlah guru yang berkualitas merupakan kendala yang belum dapat dipenuhi oleh pemerintah
29. Pada awal berdirinya lembaga pendidikan ini memiliki tujuh asas pendidikan, kemudian sesudah proklamasi kemerdekaan, asasnya dirubah menjadi Panca Darma. Lembaga pendidikan yang dimaksud adalah ....
A.      Taman Siswa
B.      Muhamadiyah
C.      Institut Nasional Syafei (INS) Kayu Tanam
D.      Pesanteren Tebu Ireng
a.   sebab Taman Siswa pernah dua kali memiliki asas pendidikan, yaitu asas Taman Siswa 1922 dan Panca Darma
30. Salah satu karakteristik kebudayaan adalah seperti di bawah ini ....
A.      sistem religi dan upacara keagamaan
B.      keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia
C.      sebagai suatu komplek aktivitas kelakuan berpola dari manusia
D.      stabil dan berubah
d.    sebab merupakan salah satu karakteristik kebudayaan
31. Suatu proses dimana seseorang individu menyerap melalui cara berfikir, bertindak, dan merasa, yang mencerminkan kebudayaannya. Pernyataan tersebut merupakan definisi dari kebudayaan sebagai ....
A.      pranata kebudayaan
B.      hubungan kebudayaan dan pendidikan
C.      Pendidikan sebagai proses enkulturasi
D.      pendidikan sebagai stabilitas dan perubahan kebudayaan
c.     sebab pernyataan di atas merupakan definisi dari pendidikan sebagai proses enkulturasi
32. Kelakuan berpola dari manusia dalam kebudayaannya yang mengacu kepada sistem ide, nilai-nilai, gagasan, norma-norma, peraturan, dan sebagainya. Pernyataan di atas merupakan definisi dari ....
A.      pranata kebudayaan
B.      pendidikan sebagai ekulturasi
C.      hubungan kebudayaan dan pendidikan
D.      kepribadian dan kepribadian bangsa
a.      merupakan definisi dari pranata kebudayaan
33. Ras ini memiliki karakteristik antara lain: kulit agak kuning, rambut lurus, tinggi badan kurang lebih satu setengah meter, dan bentuk kepala pendek. Ras yang dimaksud adalah ras ....
A.      Melayu
B.      Vedoid (Wedda)
C.      Negroid (Negrito)
D.      Mongoloid
d.      sebab ras Mongoloid memiliki ciri-ciri seperti tersebut di atas
34. Salah satu karakteristik lingkungan fisik manusia (masyarakat) di Indonesia adalah ....
A.      terdiri dari lingkungan pendidikan, dan lingkungan pergaulan
B.      terletak diantara dua benua dan dua samudera
C.      lingkungan sosial
D.      terdiri dari RT, RW, Kelurahan dan Kecamatan
b.     sebab lingkungan fisik manusia Indonesia terletak diantara dua benua dan dua samudera
35. Setiap wilayah yang ada di Indonesia umumnya memiliki adat istiadat, dan setiap adat memiliki pemimpin masyarakat. Berilah contoh bentuk kepemimpinan tertinggi terhadap sistem kemayarakatan pada kepulauan Sawu, Sumba, dan Alor
A.      Wanua dipimpin oleh Karaeng dan dibantu oleh Sulewatang
B.      Keuchi dibantu oleh teungku sebagai pimpinan agama dan orang-orang tua sebagai wakil penduduk
C.      pimpinan berada ditangan dua orang kepala suku yang disebut duae maramba, dan duae kepu, deorai, atau mangun tanah
D.      Huta atau penghulu yang dipilih oleh marga namora-mora. Dalam tugasnya dibantu oleh senina
c.     sebab kepemimpinan pada masyarakat kepulauan Sawu, Sumba, dan Alor bentuk kepemimpinannya seperti di atas
36. Karakteristik manusia Indonesia terhadap pendidikan harus berakar pada nilai-nilai agama dan kebudayaan nasional, oleh sebab itu implikasi pendidikan nasional harus dikembangkan dengan berakar kepada ....
A.      nilai-nilai pendidikan dan pergaulan
B.      nilai-nilai agama dan kebudayaan bangsa
C.      UU RI No 20 Tahun 2003
D.      Pembukaan UUD 1945
b.     sebab nilai-nilai agama dan kebudayaan bangsa merupakan akar implikasi pendidikan nasional
37. Implikasi dari kebijakan dalam pengelolaan pendidikan nasional yang bersifat dekonsentrasi, namun dapat berlangsung secara efisien dan efektif diatur dalam sistem pendidikan nasional sebagai berikut ....
A.      Undang-Undang RI NO 14 Tahun 2005
B.      Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 19 Tahun 2005
C.      Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003
D.      Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 16 Tahun 2007
c.    sebab UU RI No 23 Th 2003 mengatur tentang Sistem Pendidikan Nasional
38. Kepribadian bangsa Indonesia bukanlah kepribadian keseluruhan, tetapi juga mencerminkan ciri-ciri suku bangsa, keagamaan, dan lain-lain. Oleh sebab itu implikasi dari pengembangan kurikulum dan menjadi syarat yang tidak boleh ditinggalkan adalah bahwa kurikulum harus ....
A.      berbasis kepada kompetensi dan berpusat kepada siswa
B.      memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan siswa sesuai dengan usia mereka masing-masing
C.      berjenjang dari tingkat SD, SLTP, maupun SLTA
D.      bersifat nasional dan bermuatan lokal
d.     sebab implikasi dari pengembangan kurikulum adalah bahwa pengembangan kurikulum harus bersifat nasional bermuatan local
39. Gerakan wajib belajar (wajar) 9 tahun yang telah dicanangkan oleh pemerintah pada tanggal 2 Mei 1984, mempunyai implikasi terhadap karakteristik sosial budaya Indonesia, diantaranya adalah ....
A.      meningkatnya standar nasional mutu pendidikan
B.      terbinanya kepribadian bangsa Indonesia
C.      keragaman lingkungan fisik masyarakat Indonesia yang sebagian besar berada di pedesaan terpencil dan terisolasi
D.      relevansi pendidikan secara lokal sesuai dengan keadaan lingkungan dan sosial budaya daerah
c.     sebab keragaman lingkungan fisik masyarakat Indonesia adalah aspek yang ditinjau dari karakteristik antropologi
40. Ibu Kamal sudah dua tahun ditinggal suaminya karena kecelakaan lalu lintas, ia mempunyai empat orang anak yang semuanya masih bersekolah, ada yang di SMA, di SMP, di SD, dan di TK, berhubung tidak ada lagi yang membiayai, semuanya berhenti sekolah. Untunglah ia mempunyai tetangga yang kaya dan dermawan dan mau membantu membiayai anak-anak ibu Kamal sehingga mereka bisa sekolah kembali. Tindakan tetangga yang dimaksud disebut ....
A.      orang tua asuh
B.      orang tua angkat
C.      calon ayah anak-anak Ibu Kamal
D.      relawan dan dermawan
a.    sebab orang tua asuh adalah orang yang rela membantu anak fakir miskin untuk membiayai sekolahnya
41. Di kelas Anda memiliki siswa yang sangat nakal, dia sering mengganggu teman-temannya, prestasi belajarnyapun kurang begitu bagus, sebenarnya sekolah ingin mengelurkan anak tersebut tetapi tidak mampu karena orang tuanya termasuk orang yang berpengaruh terhadap kelangsungan sekolah tersebut. Jika Anda menjadi guru kelas dari anak tersebut, tindakan apa yang akan Anda ambil?
A.      tetap bertekad akan mengeluarkan anak tersebut
B.      tetap mengajar dengan sebaik-baiknya dan masa bodoh dengan siswa tersebut
C.      melakukan pendekatan persuasif dan kekeluargaan kepada orang tua siswa dan menjelaskan keadaan yang sebenarnya tentang anaknya dengan bukti-bukti yang dapat dimengerti mereka
D.      melakukan pendekatan dengan orang tua siswa dengan harapan mendapatkan imbalan dari mereka
c.     sebab pendekatan yang baik oleh guru diharapkan dapat menyadarkan orang tua terhadap anaknya selama di sekolah
42. Sebuah hukum atau teori dikatakan benar apabila evidensi sesuai dalam mendukung skema induktif. Pernyataan tersebut merupakan penjelasan tindaklanjut dari sebuah pembuktian tentang ....
A.      penyelidikan ilmiah
B.      metode induksi - deduksi
C.      proses originasi
D.      hukum difusi
a. sebab tindak lanjut dari penyelidikan ilmiah adalah pembuktian tentang penyelidikan ilmiah
43. Ada beberapa pertimbangan tentang perlunya diselenggarakan kebijakan otonomi daerah menurut Undang-Undang No 22 Tahun 1999, yaitu tentang ....
A.      untuk memberikan kekuasaan kepada daerah untuk menyelenggarakan otonomi
B.      bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat
C.      agar penyelenggaraan pemerintah dapat dilaksanakan lebih demokratis
D.      agar penyelenggaraan otonomi daerah dipandang perlu untuk lebih menekankan pada prinsip-prinsip demokrasi, dan peran serta masyarakat
d.    sebab tujuan di atas merupakan pertimbangan tentang perlunya diselenggarakan otonomi daerah
44. Sistem ini merupakan suatu pendekatan tentang cara berfikir mengenai fenomena secara keseluruhan yang meliputi bagian-bagiannya, komponennya, sub sistemnya dan titik beratnya pada interaksinya. Definisi di atas merupakan uraian dari ....
A.      problem solving
B.      filsafat sistem
C.      analisis sistem
D.      manajemen sistem
b.   sebab filsafat sistem merupakan suatu pendekatan tentang cara berfikir mengenai fenomena secara keseluruhan
45. Menurut pasal 15 Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003, jenis pendidikan ini merupakan pendidikan tinggi yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dengan keahlian terapan tertentu yang setara dengan program sarjana. Jenis pendidikan yang dimaksud adalah pendidikan ....
A.      umum
B.      khusus
C.      akademik
D.      vokasi
d.  sebab pendidikan vokasi merupakan pendidikan tinggi yang disiapkan untuk anak didik untuk memiliki pekerjaan
46. Pilihlah bentuk perubahan yang terjadi sebagai akibat dari adanya inovasi/pembaharuan di bawah ini ....
A.      terjadinya perubahan fisik pada anak sesuai dengan pertumbuhan usianya
B.      akibat dipupuk dan disiram setiap hari, tanaman bunga menjadi subur dan besar
C.      ditemukannya teknik membaca Alqur'an secara cepat melalui metode iqro
D.      akibat hujan turun dengan derasnya, Jakarta menjadi banjir dan terjadi kemacetan disemua jalan
c.     sebab ditemukannya metode iqro akibat dari penelitian yang dilakukan dengan waktu yang panjang dan secara terus menerus
47. Salah satu faktor yang mempengaruhi difusi inovasi adalah komunikasi. Ada dua bentuk komunikasi yang sangat mempengaruhi proses difusi inovasi yaitu komunikasi konvergen dan komunikasi linear. Ciri utama dari komunikasi konvergen adalah ....
A.      dilakukan oleh dua individu/kelompok yang memiliki kesamaan satu sama lain
B.      saling mempengaruhi dan menyampaikan informasi sehingga diperoleh saling pengertian
C.      dimana partisipan berbagi informasi untuk mencapai pengertian satu sama lain
A.      D.adanya informasi, ketidakmenentuan, adanya saling pemahaman, adanya saling persetujuan, kegiatan bersama, dan hubungan jaringan
d.   sebab ciri-ciri utama komunikasi konvergen adalah seperti tersebut di atas
48. Sistem sosial yang melaksanakan kegiatan inovasi pendidikan meliputi: ukuran dan kewilayahan, kegiatan pemeliharaan terbatas, fasilitas fisik, penggunaan waktu, tujuan yang ingin dicapai, prosedur yang digunakan, dan seterusnya. Dari sistem sosial di atas, pilihlah jawaban yang paling sesuai dengan definisi berikut "suatu sistem sosial yang secara nyata membatasi dari pelaksanaan suatu perubahan pendidikan"
A.      ukuran dan kewilayahan
B.      kegiatan pemeliharaan terbatas
C.      fasilitas fisik
D.      prosedur yang digunakan
b.  sebab pernyataan di atas merupakan definisi dari kegiatan pemeliharaan terbatas
49. a) Sebagian kecil masyarakat Indonesia masih ada yang berpikir bahwa pendidikan bagi anak perempuan tidak perlu tinggi-tinggi, bagi mereka jika sudah menikah pada akhirnya akan ke dapur juga. Anggapan mereka bagi wanita cukup bisa membaca dan menulis saja
    b)  Di daerah tertentu, jika musim panen tiba, sekolah menjadi sepi karena ditinggalkan oleh murid-muridnya. Pada saat seperti ini anak-anak dilarang oleh orang tuanya untuk bersekolah karena waktu mereka akan diisi dengan kegiatan memanen padi di sawah, sehingga mereka tidak punya waktu untuk belajar.
      Kedua contoh di atas merupakan hambatan dalam adopsi inovasi dalam bidang ....
A.      mental block barries
B.     culture block
C.      sosial block
D.      fisical block
c.    sebab sosial block merupakan hambatan sebagai akibat dari faktor sosial dan pranata masyarakat sekitar
50. Pada dasarnya upaya pembaharuan pendidikan tertuju pada peningkatan mutu proses dan produk sistem pendidikan nasional. Proses dan produk tersebut terutama tertuju/tersangkut dalam bidang .... 
A.      peningkatan pemerataan kesempatan belajar
B.      pembebasan biaya pendidikan pada pendidikan dasar
C.      cara mengatasi kendala terhadap pelaksanaan inovasi pendidikan
D.      pendemokrasian pendidikan di Indonesia

a.     sebab dasar dari upaya pembaharuan pendidikan tertuju pada peningkatan pemerataan kesempatan belajar