Modul 10
Kegiatan belajar 1
Hakikat Pengelolaan Kelas
Tes formatif 1
1. Menurut pendekatan otoriter, pengelolaan kelas adalah kegiatan guru dalam....
A. Mengontrol tingkah laku siswa
B. Memaksimalkan kebebasan siswa
C. Mendorong tingkah laku siswa
D. Mengembangkan iklim kelas yang sehat
Jawaban : A
2. “ Pengelolaan kelas adalah serangkaian kegiatan guru dalam menciptakan dan memelihara organisasi kelas yang efektif”.
Pengertian pengelolaan kelas ini didasarkan pada pendekatan….
A. Otoriter
B. Iklim sosio-emosional
C. Modifikasi
D. Proses kelompok
Jawaban : D
3. Menurut pendekatan permisif, tugas guru dalam pengelolaan kelas adalah….
A. Memelihara aturan didalam kelas
B. Membantu siswa merasakan kebebasan
C. Mengembangkan iklim social kelas yang positif
D. Melaksanakan system kelas yang efektif
Jawaban : B
4. Membantu siswa mempelajari tingkah laku yang diharapkan merupakan salah satu peran guru dalam pengelolaan kelas yang didasarkan pada pendekatan….
A. ermisif
B. Modifikasi tingkah laku
C. Proses kelompok
D. Iklim sosio-emosional
Jawaban : B
5. Pengelolaan kelas ditunjukan untuk….
A. Memudahkan siswa mencapai tujuan pembelajaran
B. Menciptakan kondisi kelas yang memungkinkan terjadinya proses pembelajaran
C. Membantu siswa menguasai bahan pelajaran yang dibahas
D. Mendiagnosis kesulitan belajar siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran
Jawaban : B
6. Manakah dari kegiatan guru berikut yang merupakan kegiatan pembelajaran?
A. Memberi pujian dengan segera
B. Menciptakan hubungan yang sehat antarsiswa
C. Menyajikan bahan pelajaran dengan jelas
D. Menetapkan aturan kelompok yang disepakati
Jawaban : C
7. Manakah dari kegiatan berikut yang merupakan kegiatan pengelolaan kelas?
A. Mengajukan pertanyaan
B. Menilai kemajuan belajar
C. Mendiagnosis kesulitan belajar
D. Menciptakan kerja sama kelompok
Jawaban : D
8. Manakah dari masalah-masalah berikut yang merupakan masalah pembelajaran?
A. Budi bertengkar dengan Indra karena masalah pembagian tugas
B. Minah selalu terlambat mengumpulkan tugas
C. Nina belum dapat diterima oleh siswa-siswa lain
D. Dedi selalu memberikan komentar yang mengundang tertawa
Jawaban : B
9 . Manakah dari masalah-masalah berikut yang merupakan masalah pengelolaan kelas?
A. Andi merasa bosan dengan cara mengajar bu Ika
B. Dodi selalu mengganggu temannya karena dia selalu mengerjakan tugasnya lebih cepat dari teman-temannya
C. Intan banyak melamun ketika mengikuti pelajaran Bahasa Indonesia
D. Dewi merasa frustasi tidak dapat mengerjakan soal-soal matematika
Jawaban : C
10. Manakah dari pertanyaan berikut yang menunjukkan hubungan pengelolaan kelas dan pembelajaran?
A. Pengelolaan kelas yang efektif merupakan prasyarat untuk pembelajaran yang efektif
B. Pembelajaran merupakan salah satu faktor penting dalam Pengelolaan kelas yang efektif
C. Pembelajaran adalah prasyarat bagi terjadinya proses Pengelolaan kelas yang efektif
D. Pengelolaan kelas yang efektif tercipta apabila pembelajaran berlangsung secara efektif
Jawaban : A
Tidak ada komentar:
Posting Komentar