1.
Tahap pengalaman
konkret merupakan tahap awal dalam peristiwa belajar, yakni ketika seseorang
dapat mengalami peristiwa atau kejadian sebagaimana adanya. Pernyataan tersebut
merupakan tahapan belajar sesuai dengan Teori Humanistik yang dikemukakan
oleh....
A.
Mumford
B.
Habermas
C.
Honey
D.
Klob
Jawaban
D, karena tahap pengalaman konkret merupakan tahap awal dalam peristiwa
belajar.
>>
Klob, empat tahap belajar; (1) tahap pengalaman kongkret, (2) tahap pengamatan
aktif dan reflektif, (3) tahap konseptualisasi, (4) tahap eksperimentasi aktif.
2.
Pak Joko mengajar di
kelas III SD. Pak Joko menugaskan anak untuk menuliskan jenis-jenis pekerjaan yang ada di lingkungan melalui pengamatan.
Dari kegiatan tersebut pembelajaran yang dilakukan merupakan contoh....
A.
membimbing anak belajar
aktif
B.
menentukan materi
pembelajaran
C.
mengidentifikasi
kemampuan peserta didik
D.
mengevaluasi proses dan
hasil belajar
Jawaban A, karena menugaskan anak untuk menuliskan
jenis-jenis pekerjaan yang ada di lingkungannya merupakan contoh membimbing
anak belajar aktif.
3.
Pendidikan merupakan
proses sosial bagi anak untuk menjadi bagian yang aktif dan partisipatif dalam
masyarakat. Pernyataan tersebut sesuai dengan teori pembelajaran yang
dikemukakan oleh....
A.
Honey
B.
. John Dewey
C.
. Mumford
D.
Ausbel
Jawaban B. John Dewey mengemukakan bahwa pendidikan
merupakan proses sosial bagi orang yang belum dewasa (dalam hal ini anak-anak) untuk
menjadi bagian yang aktif dan partisipatif dalam masyarakat.
4.
Dalam cara pandang
pendidikan tradisional, guru memegang kendali dalam pembelajaran. Sedangkan
pada cara pandang progresif guru bertindak sebagai berikut, kecuali....
A.
Fasilitator
B.
Pengayom
C.
Teman diskusi
D.
Pemberi hukuman
Jawaban D. Tugas guru tidak sebagai pemberi hukuman.
5.
Pandangan sosiokultural
konstruktivisme Teori Vygotsky yang menekankan kemandirian adalah siswa
belajar....
A.
untuk menyelesaikan
tugas yang kompleks dengan menggunakan media
B.
berdasarkan konsep
C.
melalui pemecahan masalah
D.
dengan orang dewasa dan
teman sebaya
Jawaban A. Vygotsky memandang
sosiokultural konstruktivis yang menekankan kemandirian, yaitu untuk
menyelesaikan tugas yang kompleks dengan menggunakan media.
6.
Evaluasi belajar yang
mengacu pada Teori Vygotsky menganjurkan pengetesan lapisan bawah dan lapisan
atas zona perkembangan untuk....
A.
mengetahui tingkat
status dan kemampuan belajar siswa saat ini
B.
menilai pemahaman anak
yang lalu
C.
mengukur kemampuan anak
yang akan datang
D.
menilai keterampilan
dan pemahaman yang dimiliki anak
Jawaban
A, yaitu mengetahui tingkat status dan kemampuan belajar siswa saat ini
7.
Pada kegiatan
pembelajaran IPA kelas III SD, anak-anak ditugaskan untuk mengamati dan
menggolongkan binatang yang menyusui dan memakan daging. Dalam kegiatan
tersebut guru berperan sebagai....
A.
Konselor
B.
Penyuruh
C.
Fasilitator
D.
Pemimpin
Jawaban C. Memfasilitasi kegiatan yang dilakukan
oleh siswa dalam melakukan pengamatan
8.
Ki Hajar Dewantara
berpendapat bahwa pendidikan mempunyai arah dan tujuan. Artinya, pendidikan
bertujuan untuk memenuhi..
A.
Kepentingan pemerintah
B.
Kepentingan golongan
C.
Menghilangkan
kemiskinan
D.
Menanggulangi kebodohan
dan kemiskinan
Jawaban D. Menganggulangi kebodohan dan kemiskinan.
9.
Peran guru dalam proses
belajar sistem pondok yang dikemukakan oleh Ki Hajar Dewantara adalah sebagai
berikut, kecuali....
A.
mencetak pemimpin yang
digugu
B.
menghasilkan seorang
intelektual
C.
mengembangkan kondisi
dan suasana pondok
D.
mentransfer ilmu
pengetahuan pada peserta didik
Jawaban D. Peran guru tidak hanya mentransfer ilmu
pengetahuan kepada peserta didik
10. Tokoh
yang mengungkapkan bahwa kebudayaan merupakan satu kesatuan dan bukan jumlah
dari bagian-bagian adalah....
A.
E.B. Taylor
B.
Tilaar
C.
Talcott
D.
Selo Sumarjan dan
Soelaeman
Jawaban
B. Menurut Tilaar, kebudayaan merupakan satu kesatuan dan bukan jumlah dari
bagian-bagian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar