Jumat, 07 Juni 2013

Soal Pengantar Pendidikan MKDK4001 part 1

1.  Manusia dapat mengukuhkan eksistensinya sebagai manusia, oleh sebab itu menurut Aristoteles manusia disebut sebagai makhluk ....
A.      berbudaya
B.      susila
C.      beragama
D.      sosial
d.  karena inti dari manusia sebagai makhluk adalah mereka tidak dapat hidup secara sendiri-sendiri
2. Kelahiran manusia mengandung segala kemungkinan, dan ditandai dengan segala kekurangan. Hal ini disebabkan karena perkembangan manusia ....
A.      bersifat tertutup
B.      berbeda dengan hewan
C.      bersifat terbuka
D.      memiliki kodrat dengan sebutan animal educandum
c. karena perkembangan manusia bersifat terbuka, oleh sebab itu manusia dapat dididik
3.  Manusia pada dasarnya berpotensi untuk berperilaku baik, dan bisa menjadi manusia ideal, jika ia dididik sesuai dengan norma dan nilai yang berlaku di masyarakat. Pernyataan tersebut merupakan asas dari ....
A.      potensialitas
B.      moralitas
C.      dinamika
D.      sosialitas
b.  sebab asas moralitas mengajarkan bahwa manusia memiliki dimenasi moralitas yang memungkinkan manusia dapat dididik
4.  Pendidikan merupakan suatu upaya untuk membantu manusia agar mampu hidup sesuai dengan martabat kemanusiaannya. Hal ini karena pendidikan bersifat ....
A.      humanisasi
B.      individualitas
C.      sosialitas
D.      potensialitas
a.  sebab tujuan dari humanisasi adalah upaya memanusiakan manusia
5.    Alfred adalah siswa kelas IV SD Kertajaya, ayahnya seorang pengusaha kaya, bila kesekolah ia diantar oleh sopir pribadi. Hal ini membuat ia disayang oleh semua guru, padahal kecerdasannya pas-pasan saja. Nandy juga bersekolah di sekolah yang sama, ayahnya seorang pemulung, Nandy seringkali menunggak SPP maupun uang buku, sehingga seringkali ia mendapat skorsing dari sekolah. Hal ini mengakibatkan Nandy menjadi pendiam dan rendah diri, padahal sebenarnya ia adalah anak yang cerdas. Tindakan sekolah yang membeda-bedakan murid karena status ekonominya adalah salah, karena pendidikan itu ....
A.      merupakan martabat orang perorang
B.      hanya boleh diikuti oleh orang yang memupunyai uang
C.      hak asasi manusia
D.      pendidikan dapat membentuk kepribadian manusia menjadi baik
c.   pendidikan merupakan hak asasi setiap orang, oleh sebab itu tidak ada batasan untuk mengikuti pendidikan
6.    Landasan pendidikan jenis ini memiliki asumsi yang bersumber pada disiplin ilmu sebagai titik tolaknya. Landasan pendidikan yang dimaksud adalah ....
A.      religius pendidikan
B.      ilmiah pendidikan
C.      filosofis pendidikan
D.      yuridis dan hukum pendidikan
b.    sebab asumsi landasan ilmiah pendidikan bersumber dari berbagai disiplin ilmu sebagai titik tolak pendidikan
7.    Yang bukan merupakan landasan yuridis pendidikan di bawah ini adalah ....
A.      Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 42 Tahun 2006
B.      Undang-Undang Dasar RI Tahun 1945
C.      Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003
D.      Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 1990
a.   sebab Peraturan Menteri RI Nomor 42 Tahun 2006 merupakan landasan yuridis pendidikan di Indonesia
8.    Landasan Pendidikan Nasional adalah Pancasila, oleh sebab itu semuanya dimulai dengan asumsi-asumsi metafisika, epistemologi, dan aksiologi Pancasila, serta diikuti dengan uraian implikasinya terhadap pendidikan. Pernyataan di atas merupakan landasan ....
A.      mental spiritual
B.      filosofis
C.      yuridis pendidikan
D.      moral dan agama
b.  sebab landasan mental spiritual dimulai dengan berbagai asumsi di atas
9.    Idris Sardi adalah pemain biola terkenal di Indonesia, tetapi kepiawaiannya bermain biola tidak satupun yang menurun kepada anak-anaknya. Salah satu penyebabnya adalah tidak satupun anak-anak Idris Sardi yang memiliki bakat bermain musik. Contoh di atas merupakan pendapat dari aliran pendidikan menurut ....
A.      Nativisme
B.      Empirisme
C.      Konvergensi
D.      Behaviour
a.   sebab menurut aliran Nativisme faktor bawaan dan bakat adalah faktor yang paling dominan yang dimiliki seseorang
10. Pranata sosial adalah sebagai suatu sistem peran dan norma sosial yang saling berhubungan dan terorganisasi disekitar pemenuhan kebutuhan atau fungsi sosial yang penting. Pernyataan di atas dikemukakan oleh ....
A.      Peter L. Berger
B.      Komblum
C.      Theodorson. G.A
D.      Piaget
c.  sebab definisi di atas dikemukakan oleh Theodorson G.A
11. Landasannya merupakan seperangkat asumsi yang bersumber dari hasil studi dan disiplin ilmu yang dijadikan titik tolak dalam rangka praktek pendidikan. Pernyataan tersebut merupakan landasan dari ....
A.      psikologi
B.      sosiologi
C.      antropologi
D.      pedagogik
c.    sebab definisi di atas merupakan bidang kajian Antropologi
12. Manakah pernyataan di bawah yang merupakan landasan historis pendidikan Indonesia ....
A.      zaman pengaruh Spanyol dan Portugis
B.      Undang-Undang Dasar RI Tahun 1945
C.      Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003
D.      Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 1990
a.   sebab zaman pengaruh Spanyol dan Portugis merupakan landasan historis pendidikan di Indonesia
13. Maju mundurnya ekonomi suatu negara terletak pada maju atau tidaknya pendidikan di negara tersebut, hal ini membuktikan bahwa pendidikan merupakan salah satu landasan ekonomi dan memandang pendidikan sebagai ....
A.      ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani
B.      Human invesment
C.      deviant behaviour
D.      pranata sosial
b.  sebab dengan pendidikan menyebabkan seseorang menjadi pandai dan ini merupakan sebuah investasi
14. Pak Masjuki dan Istri adalah seorang guru, gaji bulanannya hanya pas-pasan untuk membiayai pendidikan anak-anaknya yang empat orang itu, namun semua anaknya bersekolah di sekolah negeri sampai kuliahnyapun demikian. Sekarang kedua anak tertuanya sudah bergelar master dan sudah bekerja pada kantor pemerintah. Anak ketiganyapun telah diterima di Perguruan Tinggi Negeri terkenal. Keberhasilan keluarga pak Masjuki disebabkan oleh ....
A.      mereka berasal dari keluarga guru yang hidupnya pas-pasan
B.      anak-anaknya menjadi pintar karena semuanya bersekolah di sekolah negeri
C.      dibiayai dengan uang yang diperoleh secara halal
D.      semua anak-anaknya dididik secara prihatin dan secara kebetulan mereka memiliki kecerdasan di atas rata-rata
d. sebab anak yang dididik secara prihatin, dan memiliki kecerdasan di atas rata-rata akan cepat menjadi pandai
15. Bentuk keluarga dibedakan atas keluarga patriarhat, keluarga matrilineal, keluarga patrilineal, dan keluarga equaliterian. Semua bentuk keluarga tersebut dibedakan berdasarkan ....
A.      garis keturunan
B.      pemegang kekuasaan
C.      bentuk perkawinan
D.      keutuhan keluarga
b.  sebab berdasarkan pembagiannya, pemegang kekuasaan dibagi seperti tersebut di atas
16. Secara umum, tujuannya adalah memberikan bekal kemampuan kepada peserta didik dalam mengembangkan kehidupannya sebagai pribadi, anggota masyarakat, warga negara, dan sebagai makhluk Tuhan. Tujuan yang dimaksud adalah tujuan dari ....
A.      instruksional umum
B.      instruksional khusus
C.      pendidikan nasional
D.      pendidikan sekolah
d.  sebab tujuan pendidikan sekolah adalah seperti tersebut di atas
17. Pilihlah contoh pendidikan nonformal di bawah ini yang penyelenggaraannya dilakukan secara tidak terstruktur dan tidak berjenjang, tetapi pelaksanaanya membutuhkan waktu yang cukup lama ....
A.      kursus bahasa Inggris
B.      kejar Paket A dan Paket B
C.      secara rutin memanggil ahli agama kerumah untuk memberi ceramah tentang agama kepada anak-anak dan keluarga
D.      kursus komputer dan perbengkelan
c.      sebab memanggil guru agama kerumah untuk berceramah, umumnya tidak dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang
18. Sekolah yang baik dan unggul adalah sekolah yang ditandai oleh banyaknya lulusan/alumni yang diterima jika mendaftar di sekolah/di perguruan tinggi negeri (khususnya), maupun akan melamar pekerjaan. Contoh di atas diakibatkan oleh faktor-faktor yang paling dominan. Pilihlah faktor yang dimaksud di bawah ini ....
A.      guru, siswa dan orang tua murid saling mencari kepandaian secara sendiri-sendiri
B.      kompetensi mengajar guru sangat baik, tetapi jarang mengajar karena disibukkan oleh tugas tambahannya sebagai wakil kepala sekolah
C.      baik guru, siswa, dan orang tua murid memiliki kesadaran untuk bisa maju secara bersama-sama
D.      siswa memiliki kompetensi belajar yang sangat baik, tetapi tidak pernah diperhatikan oleh orang tua maupun sekolah
c.  sebab jika kesadaran untuk maju sudah tumbuh secara bersama-sama, maka tujuan pembelajaran akan mudah dicapai
19. Menurut Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa, bahwa kaum pendidik hanya dapat menuntun tumbuh dan hidupnya kekuatan-kekuatan lahir batin agar dapat memperbaiki lakunya (bukan dasarnya) hidup dan tumbuhnya kodrat alam. Dari pernyataan di atas, implikasinya bagi guru adalah ....
A.      semua sarana, materi pendidikan, dan cara-cara mendidik harus dipilih sesuai dengan hakikat peserta didik
B.      semua guru harus menguasai berbagai kompetensimengajar
C.      kurikulum harus dikembangkan dengan memperhatikan faktor perkembangan peserta didik
D.      media pembelajaran yang digunakan guru harus tepat dan sesuai dengan jenjang pendidikan siswa
a.    sebab hakikat peserta didik harus disesuaikan dengan semua hal yang berkaitan dengan pendidikannya
20. Tidak semua pergaulan maupun pengaruh orang dewasa kepada seorang anak disebut perbuatan mendidik. Ada kriteria/karakteristik khusus untuk bisa dikatakan perbuatan mendidik, yaitu ....
A.      pengaruh harus diciptakan oleh orang dewasa dengan tujuan untuk menciptakan kedewasaan anak
B.      harus ada undang-undang tersendiri yang mengatur hubungan dan pergaulan tersebut
C.      ada sarana dan prasarana sebagai media pergaulan antara anak dan orang dewasa
D.      memiliki waktu khusus seperti layaknya jam belajar di sekolah
a.     sebab menurut Langeveld, salah satu karakteristik yang mengandung pendidikan adalah seperti tersebut di atas
21. Pak Bonar adalah guru yang terkenal sangat galak, ia suka memukul siswa yang dianggap bersalah, para siswa menjadi takut tetapi hormat kepadanya. Berbeda dengan pak Ali yang guru Agama. Ia pendiam, penyabar, sangat teliti dan murah senyum, anak-anak menjadi segan dan hormat kepadanya. Adakah perbedaan rasa hormat siswa kepada kedua orang guru di atas? jika ada apa penyebabnya?
A.      pak Bonar dihormati siswa karena kegalakannya, dan pak Ali dihormati karena pendiamnya
B.      pak Bonar dihormati siswa karena ia guru matematika, pak Ali dihormati siswa karena ia guru agama
C.      dengan pak Bonar anak menjadi takut melakukan kesalahan, tetapi dengan pak Ali anak menjadi acuh tak acuh dan masa bodoh
D.      guru yang dihormati siswa karena wibawanya adalah guru yang memperhatikan dan menyayangi siswanya
d.  sebab guru yang berwibawa dan menyayangi mereka akan menumbuhkan rasa segan dan hormat dengan sendirinya
22. Pendidikan dianggap mampu mengubah terutama dalam hal membina kebudayaan baru yang memungkinkan dapat menyelamatkan manusia dimasa depan yang semakin komplek, apalagi di era globalisasi sekarang ini. Pandangan ini dikemukakan oleh aliran ....
A.     Behavior
B.      Progresivisme
C.      Humanisme
D.      Psikologi kognitif
c.     sebab pandangan humanisme terhadap pendidikan seperti tersebut di atas
23. Menurut Mohammad Noor Syam bahwa pengalaman manusia mempunyai empat karakteristik, yaitu spasial, temporal, dinamis, dan pluralistis. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pengalaman itu adalah pluralistis? Pengalaman itu ....
A.      terjadi dimana saja dalam kehidupan manusia
B.      baik alam, kebudayaan, dan pengalaman selalu berkembang setiap saat
C.      hidup, dan menuntut adaptasi dan readaptasi dalam semua perubahan yang terjadi secara terus menerus
D.      terjadi selama adanya hubungan dan interaksi dan selama individu terlibat pergaulan
d.      sebab pluralistis membicarakan tentang pentingnya hubungan yang dapat menimbulkan pengalaman
24. Pendidikan bertugas memberikan pengetahuan tentang nilai-nilai kebenaran yang pasti, absolut, dan abadi yang ada pada kebudayaan masa lampau, dan dipandang sebagai kebudayaan yang ideal. Pandangan tentang pendidikan tersebut, dikemukakan oleh ....
A.      Behaviorisme
B.      perenialisme
C.     Nativisme
D.      Konvergensi
b.     sebab pendidikan menurutnya adalah nilai-nilai kebenaran yang pasti, absolut dan abadi
25. Aliran ini berimplikasi terhadap pendidikan, khususnya bidang sains dan matematika. Aliran ini merupakan aliran filsafat yang tema utamanya berkaitan dengan hakikat pengetahuan. Aliran yang dimaksud adalah ....
A.      Perenialisme
B.      Progresivisme
C.      Kontruktivisme
D.      Esensialisme

d.  sebab aliran ini berimplikasi pada dunia pendidikan yang berlandaskan norma dan nilai-nilai yang abadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar