1. Manusia dapat mengukuhkan eksistensinya sebagai manusia,
oleh sebab itu menurut Aristoteles manusia disebut sebagai makhluk ....
A. berbudaya
B. susila
C. beragama
D. sosial
d. karena inti dari
manusia sebagai makhluk adalah mereka tidak dapat hidup secara sendiri-sendiri
2. Kelahiran
manusia mengandung segala kemungkinan, dan ditandai dengan segala kekurangan.
Hal ini disebabkan karena perkembangan manusia ....
A. bersifat tertutup
B. berbeda dengan hewan
C. bersifat terbuka
D. memiliki kodrat dengan
sebutan animal educandum
c. karena perkembangan manusia
bersifat terbuka, oleh sebab itu manusia dapat dididik
3. Manusia pada dasarnya berpotensi untuk berperilaku baik, dan
bisa menjadi manusia ideal, jika ia dididik sesuai dengan norma dan nilai yang
berlaku di masyarakat. Pernyataan tersebut merupakan asas dari ....
A. potensialitas
B. moralitas
C. dinamika
b. sebab asas
moralitas mengajarkan bahwa manusia memiliki dimenasi moralitas yang memungkinkan manusia dapat dididik
4. Pendidikan merupakan suatu upaya untuk membantu manusia agar
mampu hidup sesuai dengan martabat kemanusiaannya. Hal ini karena pendidikan
bersifat ....
A. humanisasi
B. individualitas
C. sosialitas
D. potensialitas
a. sebab tujuan dari
humanisasi adalah upaya memanusiakan manusia
5. Alfred adalah siswa kelas IV SD Kertajaya, ayahnya seorang
pengusaha kaya, bila kesekolah ia diantar oleh sopir pribadi. Hal ini membuat
ia disayang oleh semua guru, padahal kecerdasannya pas-pasan saja. Nandy juga
bersekolah di sekolah yang sama, ayahnya seorang pemulung, Nandy seringkali
menunggak SPP maupun uang buku, sehingga seringkali ia mendapat skorsing dari
sekolah. Hal ini mengakibatkan Nandy menjadi pendiam dan rendah diri, padahal
sebenarnya ia adalah anak yang cerdas. Tindakan sekolah yang membeda-bedakan
murid karena status ekonominya adalah salah, karena pendidikan itu ....
A. merupakan martabat orang
perorang
B. hanya boleh diikuti oleh
orang yang memupunyai uang
C. hak asasi manusia
D. pendidikan dapat membentuk
kepribadian manusia menjadi baik
c. pendidikan
merupakan hak asasi setiap orang, oleh sebab itu tidak ada batasan untuk
mengikuti pendidikan
6. Landasan pendidikan jenis ini memiliki asumsi yang bersumber
pada disiplin ilmu sebagai titik tolaknya. Landasan pendidikan yang dimaksud adalah ....
A. religius pendidikan
B. ilmiah pendidikan
C. filosofis pendidikan
D. yuridis dan hukum
pendidikan
b. sebab
asumsi landasan ilmiah pendidikan bersumber dari berbagai disiplin ilmu sebagai
titik tolak pendidikan
7. Yang bukan merupakan landasan yuridis pendidikan di bawah
ini adalah ....
A. Peraturan Menteri
Pendidikan Nasional RI Nomor 42 Tahun 2006
B. Undang-Undang Dasar RI
Tahun 1945
C. Undang-Undang RI Nomor 20
Tahun 2003
D. Peraturan Pemerintah Nomor
28 Tahun 1990
a. sebab
Peraturan Menteri RI Nomor 42 Tahun 2006 merupakan landasan yuridis pendidikan
di Indonesia
8. Landasan Pendidikan Nasional adalah Pancasila, oleh sebab
itu semuanya dimulai dengan asumsi-asumsi metafisika, epistemologi, dan
aksiologi Pancasila, serta diikuti dengan uraian implikasinya terhadap
pendidikan. Pernyataan di atas merupakan landasan ....
A. mental spiritual
B. filosofis
C. yuridis pendidikan
D. moral dan agama
b. sebab landasan
mental spiritual dimulai dengan berbagai asumsi di atas
9. Idris Sardi adalah pemain biola terkenal di Indonesia,
tetapi kepiawaiannya bermain biola tidak satupun yang menurun kepada
anak-anaknya. Salah satu penyebabnya adalah tidak satupun anak-anak Idris Sardi
yang memiliki bakat bermain musik. Contoh di atas merupakan pendapat dari
aliran pendidikan menurut ....
A. Nativisme
B. Empirisme
C. Konvergensi
D. Behaviour
a. sebab
menurut aliran Nativisme faktor bawaan dan bakat adalah faktor yang paling
dominan yang dimiliki seseorang
10. Pranata
sosial adalah sebagai suatu sistem peran dan norma sosial yang saling
berhubungan dan terorganisasi disekitar pemenuhan kebutuhan atau fungsi sosial
yang penting. Pernyataan di atas dikemukakan oleh ....
A. Peter L. Berger
B. Komblum
C. Theodorson. G.A
D. Piaget
c. sebab definisi di atas dikemukakan
oleh Theodorson G.A
11. Landasannya
merupakan seperangkat asumsi yang bersumber dari hasil studi dan disiplin ilmu
yang dijadikan titik tolak dalam rangka praktek pendidikan. Pernyataan tersebut
merupakan landasan dari ....
A. psikologi
B. sosiologi
C. antropologi
12. Manakah
pernyataan di bawah yang merupakan landasan historis pendidikan Indonesia ....
A. zaman pengaruh Spanyol dan
Portugis
B. Undang-Undang Dasar RI
Tahun 1945
C. Undang-Undang RI Nomor 20
Tahun 2003
D. Peraturan Pemerintah Nomor
28 Tahun 1990
a. sebab zaman
pengaruh Spanyol dan Portugis merupakan landasan historis pendidikan di
Indonesia
13. Maju
mundurnya ekonomi suatu negara terletak pada maju atau tidaknya pendidikan di
negara tersebut, hal ini membuktikan bahwa pendidikan merupakan salah satu landasan
ekonomi dan memandang pendidikan sebagai ....
A. ing ngarso sung tulodo, ing
madyo mangun karso, tut wuri handayani
B. Human invesment
C. deviant behaviour
D. pranata sosial
b. sebab dengan
pendidikan menyebabkan seseorang menjadi pandai dan ini merupakan sebuah
investasi
14. Pak
Masjuki dan Istri adalah seorang guru, gaji bulanannya hanya pas-pasan untuk
membiayai pendidikan anak-anaknya yang empat orang itu, namun semua anaknya
bersekolah di sekolah negeri sampai kuliahnyapun demikian. Sekarang kedua anak
tertuanya sudah bergelar master dan sudah bekerja pada kantor pemerintah. Anak
ketiganyapun telah diterima di Perguruan Tinggi Negeri terkenal. Keberhasilan
keluarga pak Masjuki disebabkan oleh ....
A. mereka berasal dari
keluarga guru yang hidupnya pas-pasan
B. anak-anaknya menjadi pintar
karena semuanya bersekolah di sekolah negeri
C. dibiayai dengan uang yang
diperoleh secara halal
D. semua anak-anaknya dididik
secara prihatin dan secara kebetulan mereka memiliki kecerdasan di atas
rata-rata
d. sebab anak yang dididik
secara prihatin, dan memiliki kecerdasan di atas rata-rata akan cepat menjadi
pandai
15. Bentuk
keluarga dibedakan atas keluarga patriarhat, keluarga matrilineal, keluarga
patrilineal, dan keluarga equaliterian. Semua bentuk keluarga tersebut
dibedakan berdasarkan ....
A. garis keturunan
B. pemegang kekuasaan
C. bentuk perkawinan
D. keutuhan keluarga
b. sebab berdasarkan
pembagiannya, pemegang kekuasaan dibagi seperti tersebut di atas
16. Secara
umum, tujuannya adalah memberikan bekal kemampuan kepada peserta didik dalam
mengembangkan kehidupannya sebagai pribadi, anggota masyarakat, warga negara,
dan sebagai makhluk Tuhan. Tujuan yang dimaksud adalah tujuan dari ....
A. instruksional umum
B. instruksional khusus
C. pendidikan nasional
D. pendidikan sekolah
d. sebab tujuan
pendidikan sekolah adalah seperti tersebut di atas
17. Pilihlah
contoh pendidikan nonformal di bawah ini yang penyelenggaraannya dilakukan
secara tidak terstruktur dan tidak berjenjang, tetapi pelaksanaanya membutuhkan
waktu yang cukup lama ....
A. kursus bahasa Inggris
B. kejar Paket A dan Paket B
C. secara rutin memanggil ahli
agama kerumah untuk memberi ceramah tentang agama kepada anak-anak dan keluarga
D. kursus komputer dan
perbengkelan
c. sebab
memanggil guru agama kerumah untuk berceramah, umumnya tidak dilaksanakan
secara terstruktur dan berjenjang
18. Sekolah
yang baik dan unggul adalah sekolah yang ditandai oleh banyaknya lulusan/alumni
yang diterima jika mendaftar di sekolah/di perguruan tinggi negeri (khususnya),
maupun akan melamar pekerjaan. Contoh di atas diakibatkan oleh faktor-faktor
yang paling dominan. Pilihlah faktor yang dimaksud di bawah ini ....
A. guru, siswa dan orang tua
murid saling mencari kepandaian secara sendiri-sendiri
B. kompetensi mengajar guru
sangat baik, tetapi jarang mengajar karena disibukkan oleh tugas tambahannya
sebagai wakil kepala sekolah
C. baik guru, siswa, dan orang
tua murid memiliki kesadaran untuk bisa maju secara bersama-sama
D. siswa memiliki kompetensi
belajar yang sangat baik, tetapi tidak pernah diperhatikan oleh orang tua
maupun sekolah
c. sebab jika
kesadaran untuk maju sudah tumbuh secara bersama-sama, maka tujuan pembelajaran
akan mudah dicapai
19. Menurut
Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa, bahwa kaum pendidik hanya dapat menuntun
tumbuh dan hidupnya kekuatan-kekuatan lahir batin agar dapat memperbaiki
lakunya (bukan dasarnya) hidup dan tumbuhnya kodrat alam. Dari pernyataan di
atas, implikasinya bagi guru adalah ....
A. semua sarana, materi
pendidikan, dan cara-cara mendidik harus dipilih sesuai dengan hakikat peserta
didik
C. kurikulum harus
dikembangkan dengan memperhatikan faktor perkembangan peserta didik
D. media pembelajaran yang
digunakan guru harus tepat dan sesuai dengan jenjang pendidikan siswa
a. sebab
hakikat peserta didik harus disesuaikan dengan semua hal yang berkaitan dengan
pendidikannya
20. Tidak
semua pergaulan maupun pengaruh orang dewasa kepada seorang anak disebut
perbuatan mendidik. Ada kriteria/karakteristik khusus untuk bisa dikatakan
perbuatan mendidik, yaitu ....
A. pengaruh harus diciptakan
oleh orang dewasa dengan tujuan untuk menciptakan kedewasaan anak
B. harus ada undang-undang
tersendiri yang mengatur hubungan dan pergaulan tersebut
C. ada sarana dan prasarana
sebagai media pergaulan antara anak dan orang dewasa
D. memiliki waktu khusus
seperti layaknya jam belajar di sekolah
a. sebab menurut Langeveld, salah satu karakteristik yang
mengandung pendidikan adalah seperti tersebut di atas
21. Pak
Bonar adalah guru yang terkenal sangat galak, ia suka memukul siswa yang
dianggap bersalah, para siswa menjadi takut tetapi hormat kepadanya. Berbeda
dengan pak Ali yang guru Agama. Ia pendiam, penyabar, sangat teliti dan murah
senyum, anak-anak menjadi segan dan hormat kepadanya. Adakah perbedaan rasa
hormat siswa kepada kedua orang guru di atas? jika ada apa penyebabnya?
A. pak Bonar dihormati siswa
karena kegalakannya, dan pak Ali dihormati karena pendiamnya
B. pak Bonar dihormati siswa
karena ia guru matematika, pak Ali dihormati siswa karena ia guru agama
C. dengan pak Bonar anak
menjadi takut melakukan kesalahan, tetapi dengan pak Ali anak menjadi acuh tak
acuh dan masa bodoh
D. guru yang dihormati siswa
karena wibawanya adalah guru yang memperhatikan dan menyayangi siswanya
d. sebab guru yang
berwibawa dan menyayangi mereka akan menumbuhkan rasa segan dan hormat dengan sendirinya
22. Pendidikan
dianggap mampu mengubah terutama dalam hal membina kebudayaan baru yang
memungkinkan dapat menyelamatkan manusia dimasa depan yang semakin komplek,
apalagi di era globalisasi sekarang ini. Pandangan ini dikemukakan oleh aliran
....
B. Progresivisme
C. Humanisme
D. Psikologi kognitif
c. sebab
pandangan humanisme terhadap pendidikan seperti tersebut di atas
23. Menurut
Mohammad Noor Syam bahwa pengalaman manusia mempunyai empat karakteristik,
yaitu spasial, temporal, dinamis, dan pluralistis. Jelaskan apa yang dimaksud
dengan pengalaman itu adalah pluralistis? Pengalaman itu ....
A. terjadi dimana saja dalam
kehidupan manusia
B. baik alam, kebudayaan, dan
pengalaman selalu berkembang setiap saat
C. hidup, dan menuntut
adaptasi dan readaptasi dalam semua perubahan yang terjadi secara terus menerus
D. terjadi selama adanya
hubungan dan interaksi dan selama individu terlibat pergaulan
d. sebab
pluralistis membicarakan tentang pentingnya hubungan yang dapat menimbulkan
pengalaman
24. Pendidikan
bertugas memberikan pengetahuan tentang nilai-nilai kebenaran yang pasti,
absolut, dan abadi yang ada pada kebudayaan masa lampau, dan dipandang sebagai
kebudayaan yang ideal. Pandangan tentang pendidikan tersebut, dikemukakan oleh
....
A. Behaviorisme
B. perenialisme
D. Konvergensi
b. sebab
pendidikan menurutnya adalah nilai-nilai kebenaran yang pasti, absolut dan
abadi
25. Aliran
ini berimplikasi terhadap pendidikan, khususnya bidang sains dan matematika.
Aliran ini merupakan aliran filsafat yang tema utamanya berkaitan dengan
hakikat pengetahuan. Aliran yang dimaksud adalah ....
A. Perenialisme
B. Progresivisme
C. Kontruktivisme
D. Esensialisme
d. sebab aliran ini berimplikasi pada
dunia pendidikan yang berlandaskan norma dan nilai-nilai yang abadi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar